Jumat, 13 April 2012

Industri Maritim bidang Pengelasan Kapal Semakin Meningkat

Perkembangan industri maritim akan semakin pesat seiring dengan kebutuhan dan pengadaan armada kapal, bangunan lepas pantai untuk dalam negeri maupun internasional yang semakin meningkat.
Sebagai upaya untuk memberdayakan industri dalam negeri, Pemerintah telah menerbitkan INPRES NO. 5 Th 2005 tentang pemberdayaan Industri Pelayaran Nasional dan INPRES Nomor 2 Th 2009 Tentang Penggunaan Produk Dalam Negeri Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Sebagai dampak perkembangan tersebut kebutuhan tenaga kerja/SDM yang terampil dan professional mutlak diperlukan agar industri maritim dalam negeri mampu bersaing di pasar internasional. Selasa, 27 Maret 2012 kementerian perindustrian menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia Industri dibidang Pengelasan Kapal selama 20 hari di Solo Technopark (STP).
Salah satu kegiatan utama dalam proses pembangunan kapal baru maupun reparasi kapal adalah pengelasan (welding). “Pengelasan pada kapal mempunyai suatu persyaratan dari Biro Klasifikasi yang mengawasi dan memberikan kelayakan tentang kekuatan konstruksi kapal. Melalui pelaksanaan kegiatan diklat selama 20 hari ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan SDM operator dibidang pengelasan, meningkatkan daya saing industri perkapalan dan bangunan lepas pantai dalam negeri serta memberikan manfaat seluas-luasnya kepada pelaku usaha dan masyarakat pengguna produk industri dalam negeri,” sambut Nosyadam Nasyim mewakili dirtektur industri maritime kedingratan dan alat pertahanan perindustrian dalam pembukaan pelatihan (27/3/2012).
Dalam pelaksanaan diklat under water wet welding atau biasa dikenal pengelasan bawah air akan dibimbing, diawasi serta disertifikasi oleh para instruktur dan tenaga ahli yang profesional di bidangnya di STP. Sebagai realisasi untuk meningkatkan kemampuan SDM operator pengelasan tersebut, pada tahun 2012 peserta pelatihan operator las yang direkrut untuk mengikuti pelatihan sebanyak 20 orang peserta, untuk selanjutnya pada tahun berikutnya kita harapkan upaya tersebut dapat terus dikembangkan sehingga dapat mencapai level atau tingkatan yang diharapkan, tambah Nosyadam.
Kebijakan peningkatan kemampuan SDM bidang pengelasan bawah air, Pemerintah juga sedang melakukan Pemberdayaan Pusat Desain dan Rekayasa Kapal Nasional yang telah didirikan bekerjasama dengan ITS Surabaya. Dan sebagai upaya nyata selanjutnya sedang dipersiapkan suatu kawasan khusus industri perkapalan yang sangat membutuhkan tenaga kerja atau SDM diseluruh bidang terutama SDM bidang pengelasan, dimana diharapkan akan mempercepatkan laju pertumbuhan industri perkapalan nasional. Tujuan ini hanya dapat tercapai apabila mendapat dukungan dari semua pihak terkait (Pemerintah, dunia usaha, akademisi, serta masyarakat).

0 komentar:

Posting Komentar